Ternyata Tiap Orang Punya Nafas Yang Berbeda

Apa ciri khas yang membuat antar manusia itu berbeda, yang bisa membuat kita mampu membedakan antar manusia satu dengan yang lain? Anda mungkin akan menjawab DNA dan sidik jari, atau bagi yang pernah tinggal di luar negeri juga tahu bahwa susunan rahang dan gigi tiap manusia itu berbeda.

Kini saintis menemukan bahwa ada hal lain yang khas pada tiap manusia, yaitu nafas. Hal tersebut diungkapkan dalam jurnal Plos One yang dipublikasikan pada 3 April 2013.

Setiap manusia ternyata memiliki jejak nafas yang berbeda-beda.

Dalam penelitian tersebut para relawan yang menjadi sampel penelitian diminta menghembuskan nafasnya ke alat spectrometer yang kemudian akan memisahkan tiap komponen kimia yang dikandung dalam nafas tersebut. Hasilnya tiap sampel menunjukan hasil yang berbeda secara signifikan, yang antinya bahwa tiap manusia memiliki nafas yang unik.

Selama ini tes nafas menggunakan spectrometer banyak digunakan di rumah sakit untuk mendeteksi beberapa penyakit, seperti penyakit jantung. Rekam nafas atau breathprint pada pasien yang mengalami gagal jantung memang menunjukan bahwa kandungan senyawa organik aseton dan pentana mereka lebih tinggi dibanding orang sehat. Tidak disangka bahwa penelitian lebih jauh menunjukan bahwa hal ini juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi manusia.

Komentar