Membuka File SPSS Berekstensi SPO Dengan SPSS Legacy Viewer

SPSS (Statistical Product and Service Solutions) merupakan salah satu aplikasi pengolah data statistik yang paling populer terutama di kalangan mahasiswa yang mengerjakan skripsi karena toolsnya yeng lengkap dalam mngolah data serta user interfacenya yang mudah digunakan.

Sejak pertama kali dikeluarkan, SPSS mengalami perkembangan yang cepat dan banyak perubahan yang telah dilakukan. Salah satu perubahan yang paling menonjol dan terasa saat ini adalah perubahan format file output SPSS dari yang berekstensi “spo” menjadi “spv”, dimana file dengan ekstensi “spo” merupakan file hasil output SPSS versi 15 ke bawah.

Walaupun ini merupakan bentuk perbaikan dari SPSS, sayangnya SPSS terbaru yang menghasilkan file output dengan ekstensi spv tidak dilengkapi kompatibilitas atau kemampuan untuk membaca file output SPSS versi sebelumnya yaitu file dengan ekstensi spo sehingga diperlukan aplikasi lain untuk membaca file tersebut.

Aplikasi yang dapat membaca file dengan ekstensi spo tersebut adalah SPSS Legacy Viewer atau yang ketika terinstal bernama SPSS Smart Viewer. Aplikasi ini sebenarnya ada dalam satu paket CD bersama dengan instalan SPSS, hanya saja karena di Indonesia lebih banyak beredar SPSS bajakan yang diperoleh dari internet, terkadang SPSS Legacy Viewer ini tidak ikut disertakan.

Tapi tidak perlu khawatir, setiap perusahaan sofware pasti menyediakan fasilitas untuk download dari internet untuk berjaga-jaga apabila terjadi kerusakan pada CD instalan, begitu pula pada SPSS yang menyediakan fasilitas download pada situs resminya. Beruntunglah, tidak seperti mendownload program SPSS, untuk mendownload dan menginstal SPSS Legacy Viewer tidak diperlukan verifikasi apapun.

Untuk menjalankan program ini tinggal download kemudian install, nantinya aplikasi ini akan berjalan terpisah dan bukan satu kesatuan dengan program SPSS yang sudah terinstal sehingga untuk membuka file dengan format spo dilakukan dengan cara berikut:

  1. Cari file yang memiliki ekstensi spo
  2. Klik kanan pada file tersebut kemudian pilih “open with
  3. Pilih “browse” kemudian cari dan pilih file “spssnav.exe” yang terdapat pada direktori “C:Program FilesSPSS Viewer
  4. Tip: centang pilihan “always use the selected program to open this kind of file” agar lain kali anda tidak perlu melakukan langkah ini lagi untuk membuka setiap file dengan ekstensi spo
  5. Klik “OK” maka file spo akan terbaca

Instalan SPSS Legacy Viewer berbentuk zip dengan ukuran yang cukup besar yaitu 57 MB. Untuk mendownloadnya silahkan klik link berikut:

Komentar