Amnesia Anak-Anak

Setiap orang pasti memiliki kenangan tertentu tentang masa kecilnya. Tapi tahukah anda bahwa manusia hanya mampu mengingat masa kecilnya pada tingkat tertentu? Hampir tidak ada orang yang dapat mengingat peristiwa yang terjadi dalam 3 tahun pertamanya. Misalnya peristiwa orang masih menyusu pada ibunya. Orang baru mulai bisa mengingat kejadian setelah ia berusia lebih dari 3 tahun.

Fenomena dimana anak belum memiliki kemampuan mengingat kejadian di umur kurang dari 3 tahun disebut childhood amnesia dan konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh Sigmund Freud.

Fenomena ini cukup unik, karena pada faktanya, tahun-tahun tersebut adalah saat yang penuh dengan pengalaman dimana otak berkembang dengan cepat. Orang mulai belajar merangkak hingga berbicara pada usia tersebut, namun kejadian tersebut hanya meninggalkan sedikit jejak dalam kenangan.

Penelitian mengenai hal ini pernah dilakukan dengan menanyakan peristiwa mengenai kelahiran adik saat orang masih kanak-kanak. Subjek yang diteliti ditanyakan 20 pertanyaan mengenai peristiwa di sekitar kelahiran adiknya. Jumlah pertanyaan yang bisa dijawab kemudian dirata-ratakan dan diinterpretasikan dalam bentuk grafik (Sheingold & Tanney, 1982)

Komentar